Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuhu .....SELAMAT DATANG DI SEBATIKYOUNG.BLOSPOT.COM..... ..... Welcome to Sebatikyoung.blogspot.com.....

Jumat, 09 April 2010


Sikap konsisten terhadap dukungan pembentukan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) dan peningkatan status Sebatik menuju kota, kembali dipertegas Ketua DPRD Nunukan Nardi Azis B. Menurutnya, pembentukan Kaltara dan Sebatik Kota sangat penting dan perlu diprioritaskan agar segera terealisasi. Terbukti, berbagai persiapan persyaratan terus dilakukan Kabupaten Nunukan dalam mendukung terwujudnya keinginan masyarakat di wilayah utara ini. Baik persyaratan teknis, fisik kewilayahan dan persiapan lainnya. “Tentu dalam melengkapi persyaratan tersebut, DPRD komitmen untuk men-support penuh Pemkab Nunukan sesuai fungsi dan wewenang yang dimiliki lembaga ini,” tegasnya.

Sementara tujuan Kaltara dijelaskan Nardi, murni dan tidak dilatarbelakangi faktor kepentingan politik serta agenda-agenda tertentu didalamnya. Melainkan, untuk memacu pemerataan pembangunan, peningkatan kesejahteraan masyarakat, terlebih di daerah perbatasan seperti Nunukan dan Malinau. “Apalagi 5 Kabupaten/Kota yang akan dimekarkan ini merupakan kabupaten baru, yang jika dilihat dari aspek pembangunannya, sangat jauh tertinggal dengan daerah yang terletak diwilayah selatan,” ulasnya.

Kendati demikian, dia menambahkan, apapun yang menjadi wacana dan program pemerintah, tantu tidak terlepas dari dukungan dan peran aktif mayarakat itu sendiri. Bahkan, politisi Partai Bulan Bintang (PBB) ini, sangat mengapresiasi tindak-tanduk Ketua Masyarakat Kaltara Bersatu (MKB) Dr Jusuf SK, yang sangat peduli dan antusias memperjuangkan pembentukan Kaltara. “Dengan keseriusan berbagai pihak, baik masyarakat, Pemprov Kaltim dan seluruh Kabupaten/Kota dalam mendukung pemekaran ini, kita semakin dekat dengan keinginan tersebut,” pungkasnya.

SEBATIK KOTA

Tak hanya Kaltara yang disinggung Nardi saat memberi keterangan pers Senin (5/4) lalu di ruang kerjanya. Penegasan terhadap pemekeran Sebatik Kota juga dia ketengahkan. “Pemekaran Sebatik bukan sekedar wacana. Itu sudah terprogram berdasarkan keinginan masyarakat. Dan, Pemkab Nunukan sangat merespon keinginan tersebut,” tegasnya.

Penjelasan ini sekaligus menjawab, sejumlah pertanyaan yang timbul terhadap beberapa baliho yang membentang di beberapa titik jalan belakangan ini. Baliho yang bertuliskan dukungan DPRD dan masyarakat Kabupaten Nunukan terhadap pembentukan Kaltara dan Sebatik Kota ternyata, wujud DPRD dalam merangkul keinginan masyarakat di daerah ini. “Tak ada tendensi politik diluar ambisi kaltara. Itu merupakan pernyataan sikap DPRD sebagai keterwakilan masyarakat di parlemen. Disamping penegasan bagi rombongan Gubernur Kaltim yang berkunjung ke Nunukan beberapa waktu lalu, bahwa DPRD dan masyarakat sangat menginginkan Kaltara dan pemekaran Sebatik,” terangnya.

Melihat letak geografis Kecamatan Sebatik yang notabene merupakan serambi terdepan NKRI di wilayah perbatasan, diungkapkan Nardi, sangat naïf jika hal tersebut hanya didiamkan tanpa melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Sementara respon Pemkab Nunukan sendiri yang telah melakukan pemekaran beberapa desa di Sebatik merupakan langkah yang perlu mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak, sehingga persyaratan pemekaran untuk menjadi wilayah otorita segera terpenuhi. “Semua tentu melalui proses yang bertahap namun pasti. Diharapkan masyarakat sedikit bersabar, karena disinilah fungsi wakil rakyat yang mereka pilih untuk memperjuangkan hajat mereka,” tandasnya.

Bukan cuma Sebatik, rencana pemekaran Sebuku, Sembakung, Lumbis, Krayan dan Krayan Selatan juga potensial. Diuraikannya, dengan potensi sumber daya alam yang dimiliki kecamatan tersebut, sudah cukup layak untuk dimekarkan. “Ranah dan tujuannya cuma satu. Lebih fokus membangun daerah, untuk mencapai pemerataan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” lengkapnya. (dra/adv)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar